Coal Treatment Solutions

coal-treatment
Polycoat Sebagai Coal Treatment

Batu bara merupakan bahan bakar yang dibanyak digunakan di industri, karena harganya lebih ekonomis ketimbang bahan bakar minyak (BBM), seperti solar. Akan tetapi, batu bara juga punya risiko yang tinggi, yakni:

Debu Batu Bara

Debu batu bara sangat berbahaya bagi kesehatan, terutama paru-paru. Ketika terhirup, debu yang halus ini dapat mengendap di saluran pernapasan dan menyebabkan berbagai gangguan seperti penyakit paru-paru hitam (black lung disease), fibrosis paru, hingga kesulitan bernapas.

Debu batu bara yang beterbangan di udara tidak hanya membahayakan kesehatan manusia, tetapi juga membawa dampak buruk bagi lingkungan. Debu ini mengandung berbagai polutan berbahaya yang dapat mencemari udara, tanah, dan air, serta mengganggu keseimbangan ekosistem. Dampak ini dapat dirasakan dalam jangka pendek dan jangka panjang, dan dapat menyebabkan berbagai masalah seperti asam hujan, perubahan iklim, kerusakan tanaman dan hewan, serta gangguan kehidupan masyarakat.

Swabakar (Spontaneous Combustion)

Batu bara memiliki kemampuan untuk terbakar secara spontan. Fenomena ini, dikenal sebagai swabakar batu bara, terjadi karena reaksi oksidasi antara kandungan batu bara yang mudah terbakar dengan oksigen di udara. Swabakar batu bara dapat terjadi di berbagai situasi, seperti pada tumpukan batu bara (stock pile), di dalam kapal pengangkut, dan bahkan saat di pertambangan. Faktor-faktor yang mempercepat proses ini termasuk kandungan zat terbang yang tinggi, kelembaban, dan suhu lingkungan. Dampak swabakar batu bara tidak hanya membahayakan keselamatan pekerja dan menimbulkan kerugian ekonomi, tetapi juga mencemari lingkungan dengan asap dan emisi berbahaya.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut dibutuhkan coal treatment.

Polycoat merupakan produk Coal Treatment sebagai solusi atas permasalahan debu dan swabakar (spontaneous combustion) batu bara. Polycoat sudah digunakan di berbagai pertambangan di seluruh Indonesia dan sudah teruji kualitasnya. Polycoat berbentuk cairan chemical batu bara atau biasa disebut obat batu bara yang sudah terbukti efektif untuk mengatasi swabakar, mengurangi debu batu bara (dust control), menjaga total moisture (TM) sekaligus meng-upgrade warna batu bara. Polycoat berupa cairan emulsi konsentrat berwarna hitam pekat yang larut sempurna di air dan diaplikasikan dengan penyemprotan di stock pile atau di conveyor loading.

Sebelum digunakan untuk coal treatment, Polycoat diencerkan dengan air, dengan perbandingan 1 ltr Polycoat : 50-100 ltr air untuk 5-15 ton batu bara.

Polycoat dijual dalam kemasan drum 200 liter.

coal-treatment-polycoat-200-liter

Lihat juga: Wastewater Treatment Systems & Solutions